You are currently viewing Rapat Pleno Naskah Akademik Pemekaran Daerah Otonomi Baru (Dob) Kabupaten Babo Raya Teluk Bintuni Provinsi Papua Barat

Rapat Pleno Naskah Akademik Pemekaran Daerah Otonomi Baru (Dob) Kabupaten Babo Raya Teluk Bintuni Provinsi Papua Barat

Jakarta (UNAS) – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Bintuni menyelenggarakan Workshop Rapat Pleno Naskah Akademik Pemekaran Daerah Otonom Baru (DOB) Kabupaten Babo Raya Teluk Bintuni Provinsi Papua Barat bertempat di Ruang Rapat Cyber Universitas Nasional Jakarta Selatan, Rabu (20/12).

Workshop ini membahas penyelesaian kajian naskah akademik yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Ibu Erna Ermawati Chotim, M.Si., W. Wim Fymbay selaku Senior Pemerintah dan staf khusus Bupati, sebagai perwakilan dari Babo Raya, Dr. TB Massa Djafar, M.Si., selaku Ketua Tim Peneliti Pemekaran Wilayah Babo Raya, Dr. Eddy Guridno, S.E., M.M., selaku Sekretaris Tim Peneliti Pemekaran Wilayah Babo Raya, Prof. Dr. Musni Umar, Angga Sulaiman, S.IP., M.AP., Rahmat Sufajar, S.IP., M.Si., Cyntia Dewi Anggraini, M.I.Kom., dan dihadiri oleh beberapa anggota Tim Peneliti Pemekaran Babo Raya dan Narasumber Dr. Diana Fawzia, MA dan Dr. Safrizal Rambe, S.I.P., M.Si.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan yang diberikan oleh W. Wim Fymbay selaku Senior Pemerintah dan staf khusus Bupati sekaligus sebagai perwakilan dari Kabupaten Teluk Bintuni, beliau menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerja sama yang sedang terjalin antara FISIP UNAS dengan Pemerintah Daerah Teluk Bintuni dalam pembahasan pembentukan Kabupaten Babo Raya.

Ketua Tim Peneliti Pemekaran Wilayah Babo Raya Dr. TB Massa Djafar, M.Si., menjelaskan bahwa pembahasan dari kegiatan ini yaitu mengenai perumusan dan penyempurnaan kajian naskah akademik pembentukan Kabupaten Babo Raya.

“Alasan terselenggaranya kegiatan ini adalah supaya naskah akademik ini dapat diselesaikan dengan cepat, sehingga bisa masuk ke parlemen. Diharapkan naskah ini selesai, agar nantinya Kabupaten Babo Raya berkembang” jelasnya.

Dekan FISIP UNAS sekaligus Penanggungjawab Tim Pemekaran Wilayah Babo Raya Dr. Erna Ermawati Chotim, M.Si., workshop kali ini bertujuan untuk menjadi ruang dalam menampung masukan, nasihat serta rasionalisasi dari para narasumber dalam penyempurnaan perumusan naskah akademik.

“Narasumber diharapkan dapat memberikan masukan dan nasihat serta rasionalisasi dan saya sampaikan kegiatan ini adalah bagian dari rangkaian proses perumusan naskah akademik. Harapannya kegiatan ini berlangsung dengan baik dan dapat menampun perspektif dalam penyempurnaan naskah akademik ini.” jelasnya.

Rangkaian kegiatan rapat pleno ini dipimpin oleh Angga Sulaiman, S.IP., M.AP., yang menjelaskan substansi dari naskah akademik tersebut. Adapun kegiatan ini menerima masukan-masukan dari narasumber dalam rangka penyempurnaan naskah akademik pembentukan Kabupaten Babo Raya. Kegiatan ini akan dilanjutkan dalam tahapan workshop ke dua dalam rangka finalisasi dan penyerahan naskah akademik.