You are currently viewing Kegiatan Penelitian Kolaboratif Mahasiswa dan Dosen serta Benchmarking pada tiga Universitas di Malaysia dan Singapore oleh Program Studi Administrasi Publik – FISIP UNAS.

Kegiatan Penelitian Kolaboratif Mahasiswa dan Dosen serta Benchmarking pada tiga Universitas di Malaysia dan Singapore oleh Program Studi Administrasi Publik – FISIP UNAS.

Jakarta (UNAS) – Melalui program tahunan Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (HIMAPUBLIK) Universitas Nasional melaksanakan Kegiatan Penelitian Kolaboratif Mahasiswa dan Dosen sekaligus Benchmarking pada tiga Universitas di Malaysia dan Singapore pada 19 Mei s.d. 25 Mei 2023. Kegiatan ini melibatkan 44 peserta yang terdiri dari 12 dosen dan 32 mahasiswa Program Studi Administrasi Publik. Ini merupakan capaian baru bagi HIMAPUBLIK karena pertama kalinya menyelenggarakan kegiatan bertaraf Internasional.

Dengan mengusung tema “Efektivitas Pendidikan Bagi Anak Migran” Kegiatan Penelitian Kolaboratif Mahasiswa dan Dosen serta Pengabdian Masyarakat sukses diselenggarakan di Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB) dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia Johor Bahru (KJRI), Malaysia pada Senin, 22 Mei 2023.

Menurut Ketua Pelaksana Penelitian, Alwan Dwi Yanto, intisari dari kegiatan di SIJB ini mengajak kita peduli terhadap kualitas yang didapat para putra-putri Indonesia agar mereka dapat mengenyam bangku pendidikan secara nyaman dan aman.

Lebih lanjut Alwan mengatakan, “Kita juga dapat mengetahui problematika yang dihadapi untuk mendirikan SIJB ini, sebab dalam pendiriannya ini sangatlah tidak mudah mengingat status izin tinggal para orang tua dan anaknya yang hampir seluruhnya tidak memiliki dokumen.”

Informasi yang didapat merupakan hasil dari interaksi mahasiswa dan dosen dengan para guru, murid, maupun staff SIJB melalui kegiatan school tour yang dipandu langsung oleh Kepala Sekolah SIJB, Bapak Mohamad Rizali Noor.

Berangkat dari isu pendidikan, selain kegiatan penelitian yang dilakukan di SIJB, dibuka juga sesi diskusi di KJRI Johor Bahru melalui Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri langsung oleh Pejabat Pendidikan Daerah Johor Bahru, Bapak Hj Tukiman Bin Sarmin selaku Narasumber pertama dan Kepala Perwakilan RI Johor Bahru Pelaksana Fungsi Pensosbud, Bapak Mohamad Rizali Noor selaku Narasumber kedua. Tidak luput juga kehadiran Kepala Konsulat Jenderal Republik Indonesia Johor Bahru, Bapak Sigit Suryanto Widyanto untuk memberikan sambutannya dalam kegiatan ini.

Di sisi lain terkait pelaksanaan FGD, Bayu Septo Leon Linandar selaku Ketua Kunjungan Lembaga menyampaikan bahwa, “Dalam kegiatan FGD ini kita dapat mengkaji sistem pendidikan di Malaysia, khususnya di Johor Bahru” ungkap Bayu.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menjadikan mahasiswa Administrasi Publik mampu berfikir lebih kritis dalam ruang lingkup administrasi terutama terkait bagaimana strategi pemerintah Johor Bahru dalam mempersiapkan generasi muda yang akan menjadi penerus bangsanya dan memiliki daya saing tinggi” lanjut Bayu.

 

 

Sementara itu, kegiatan ditutup dengan penandatangan Perjanjian Kerjasama antara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia Johor Bahru, dilanjut dengan penandatanganan Pelaksanaan Kerjasama antara Program Studi Administrasi Publik, FISIP, Universitas Nasional dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia Johor Bahru yang disaksikan langsung oleh Kepala UPPMK UNAS, Ibu Cyntia Dewi Anggaini, S.Ikom., M.I.Kom.

Yang paling menariknya dari kegiatan selama 7 hari 6 malam adalah mahasiswa dan dosen berkesempatan untuk melakukan benchmarking pada tiga Universitas di Malaysia dan Singapore.

Benchmarking pertama dilaksanakan di Nanyang Technological University (NTU), Singapore pada Jum’at, 19 Mei 2023. Kegiatan dengan konsep College Tours And Visits antara Program Studi Administrasi Publik, Universitas Nasional bersama Nanyang Technological University (NTU) mengusung tema “The Campus Visit Experience: Improving Students’ Mindset, Reasoning and Creativity”.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Assoc Prof  Sulfikar Amir, PhD. selaku Acting Director of NISTH (NTU Institute of Science and Technology For Humanity), diawali dengan pembukaan kegiatan sekaligus perkenalan diri oleh Prof Sulfikar, kemudian sambutan dari Ibu Dr. Erna Ermawati Chotim, M.Si selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional, yang dilanjut dengan pemaparan profile NISTH (NTU Institute of Science and Technology For Humanity) serta sesi tanya jawab seputar materi.

 

Tidak sampai di situ, sebelum kegiatan berakhir, mahasiswa dan dosen berkesempatan untuk melakukan campus tour dengan harapan dapat merasakan budaya dan atmosfer (berkeliling kampus, mengunjungi fasilitas kampus, dan mendapatkan informasi tentang penerimaan dan proses pembelajaran) di NTU.

Untuk benchmarking kedua dilaksanakan di Universiti Teknologi Malaysia (UTM) pada Senin, 22 Mei 2023. Benchmarking antara Program Studi Administrasi Publik, Universitas Nasional bersama University Teknologi Malaysia (UKM) mengangkat tema “Education System, Management of Student Activities, and Campus Tour” dengan pembahasan seputar sistem pendidikan, prestasi, dan manajemen mahasiswa di Universiti Teknologi Malaysia.

Aktivitas ini merupakan sarana pertukaran informasi dan pengembangan pola pikir, penalaran, dan kreativitas mahasiswa yang dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa, fakultas, dan universitas.

Dan yang terakhir, benchmarking ketiga dilaksanakan di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) pada Rabu, 23 Mei 2023. Dalam rangka mempererat hubungan antara Universitas Nasional dan Universiti Kebangsaan Malaysia dalam bidang pendidikan, pertemuan yang bertajuk “Education System, Management of Student Activities, and Quality Assurance Campus” ini dipimpin langsung oleh Professor Sity Daud, Ph.D. selaku Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta Humaniora.

Melalui diskusi tertutup yang membahas tentang isu-isu penjaminan mutu, seperti pengembangan kurikulum, penilaian dan pengendalian mutu, serta solusi untuk mengatasi kendala terkait implementasi penjaminan mutu di Universiti Kebangsaan Malaysia.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh HIMAPUBLIK ini mendapat apresiasi yang setinggi-tingginya dari Ibu Dr. Erna Ermawati Chotim, M.Si selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional, Bapak Dr. Bhakti Nur Avianto, S.IP., M.Si selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional, dan Ibu Dr. Mary Ismowati, M.Si selaku Ketua Program Studi Administrasi Publik yang ikut serta dalam menghadiri dan mensukseskan kegiatan tersebut.

Lebih lanjut Ibu Mary mengatakan, “Tentunya kesuksesan dan kelancaran acara ini tidak lepas dari pengarahan Bapak Angga Sulaiman, S.IP., M.AP. selaku Sekretaris Prodi Administrasi Publik serta Badan Pengurus Harian (BPH) HIMAPUBLIK.”

“Mahasiswa Administrasi Publik bisa melihat secara langsung bagaimana praktek administrasi publik di negara Singapore dan Malaysia. Tentunya harapan saya, kegiatan yang sangat baik ini dilanjutkan dan ditingkatkan. Insyaallah di tahun yang akan datang kami merencanakan kunjungan yang mungkin akan merambah negara yang lebih jauh di Asia Timur” ungkap Ibu Mary.

 

 

.