You are currently viewing Jelang Akreditasi, BPM Lakukan Simulasi Internal Akreditasi Prodi Doktor Ilmu Politik

Jelang Akreditasi, BPM Lakukan Simulasi Internal Akreditasi Prodi Doktor Ilmu Politik

Jakarta (Unas) – Dalam rangka persiapan Akreditasi, Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Nasional (Unas) melakukan Simulasi Internal Akreditasi Program Studi (Prodi) Doktor Ilmu Politik, bertempat di Ruang Rapat Seminar Selasar Blok I Lt.III, Kamis, (21/12).

Simulasi Internal Akreditasi ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Administrasi Akademik dan Keuangan Dr. Aos Yuli Firdaus, S.I.P., M.Si., Ketua Program Studi Doktoral Ilmu Politik Pascasarjana Dr. T.B. Massa Djafar, M.Si., Kepala Unit Penjaminan Mutu Dr. Jeanne Noveline Tedja, M.Kesos., Ketua LPPM Dr. Ir. Nonon Saribanon, M.Si., Dosen Program Studi Sosiologi, FISIP Universitas Nasional Prof. Dr. Drs. A.F. Sigit Rochadi, M.Si., Kepala Unit Penjaminan Mutu Eka Dewi Lestari, S.Pd, dan Dr. Eddy Guridno, M.Si.

Tujuan dari Simulasi Internal Akreditasi Prodi Doktor Ilmu Politik adalah untuk mempersiapkan akreditasi yang sebenarnya, sehingga program penelitian dapat lakukan evaluasi lapangan dengan cepat dan akurat serta memberikan data yang diperlukan kepada asesor.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan Bidang Administrasi Akademik dan Keuangan Dr. Aos Yuli Firdaus, S.I.P., M.Si. memberikan semangat dan apresiasi kepada tim akreditasi Prodi Doktor Ilmu Politik dan berharap “ Mudah-mudahan proses asesmen kedepannya berjalan dengan lancar dan memberikan hasil yang terbaik,,” ucapnya.

Aos melanjutkan, persiapan harus dilakukan secara matang untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kesalahan teknis. Walaupun masih terdapat kesalahan, asesor memberikan waktu untuk memperbaiki data akreditasi selama satu pekan.

Aos menambahkan, “Dengan adanya Simulasi ini bisa menjadi awal untuk mempersiapkan Prodi Doktor Ilmu Politik menjadi Akreditasi Unggul,” imbuhnya.

Setelah sambutan, terdapat materi yang disampaikan oleh Prof. Dr. Drs. A.F. Sigit Rochadi, M.Si., yaitu menjelaskan tentang penyusunan boring akreditasi. Ia mengatakan kriteria penilaian yang harus dipenuhi berdasarkan standar akreditasi BAN PT, untuk mendapatkan nilai akreditasi yang memuaskan.

Sehabis sambutan dan materi yang diberikan, kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dosen kepada asesor, dan diakhiri dengan foto bersama. (SAF)