Strategi dan Strategi Pencapaian
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Strategi
Sasaran yang akan dicapai oleh FISIP dalam Meningkatkan proses akademik
- 1. Menjalankan tata kelola dan tata pamong yang kondusif bagi penyelenggaraan tridharma PT yang berkebudayaan, dan adaptif dengan kemajuan teknologi;
- 2. Dibangunnya sistem informasi dalam bidang pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat, dan tata pamong serta tata kelola yang terintegrasi dan terbarukan untuk memenuhi standar nasional dan internasional;
- 3. Pengembangan jejaring nasional dan internasional dengan berbagai lembaga dan perusahaan untuk memperluas dan memperdalam kerjasama dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, riset, teknologi, dan kebudayaan yang bermanfaat dan berdaya guna bagi kepentingan bangsa dan negara yang diakui secara internasional;
- 4. Peningkatan kegiatan kemahasiswaan dan pengembangan program-program pendukung bagi mahasiswa untuk meningkatkan kualitas lulusan yang kreatif, inovatif, kompeten, mandiri, adaptif, dan kooperatif;
- 5. Peningkatan kuantitas dan kualitas input mahasiswa program studi magister dan doktoral;
- 6. Peningkatan kualifikasi dosen dalam tridarma perguruan tinggi melalui studi lanjut, pelatihan, dan berpartisipasi dalam seminar ilmiah nasional dan internasional
- 7. Penerapan kurikulum berorientasi Outcome Based Education (OBE) yang memadukan antara pengajaran pada dunia pendidikan dengan kebutuhan dunia industri dan dunia usaha (DUDI);
- 8. Integrasi teknologi informasi dan komunikasi dalam model pembelajaran blended learning;
- 9. Meningkatkan kuantitas dan kualitas Penelitian Dosen sesuai Peta Jalan Penelitian dan publikasi bereputasi nasional dan internasional;
- 10. Menjalin kerjasama dengan mitra baik di dalam maupun di luar negri untuk pelaksaaan pengabdian masyarakat, sesuai Peta Jalan Pengabdian kepada Masyarakat;
- 11. Meningkatkan publikasi ilmiah mahasiswa dan jumlah lulusan tepat waktu yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri dan dunia usaha (DUDI);
Strategi Pencapaian
Guna mewujudkan sasaran yang telah ditetapkan, telah dibuat tahapan waktu yang jelas dan sangat realistik dalam bentuk rencana operasional tahunan fakultas, yang di dalamnya berisi program dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun
- Mengevaluasi kurikulum masing-masing program studi secara sistematis dan berkala.
- Mengembangkan pola pembelajaran yang seimbang antara kemampuan akademik (hard skill) dan kemampuan soft skill.
- Meningkatkan kualitas proses rekruitment mahasiswa, belajar mengajar, dan monitoring dan evaluasi.
- Meningkatkan atmosfir akademik yang mendukung penguatan kultur akademik yang sehat atas dasar prinsip-prinsip dialogis, komunikasi dua arah dan egalitarian antardosen dan mahasiswa.
- Meningkatkan kualitas sarana dan prasarana serta pembaharuan teknologi sesuai perkembangannya dengan sistem pengelolaan yang profesional.
- Meningkatkan kemampuan dan peran bagian Perencanaan dan Sistem Informasi Fakultas
- Meningkatkan sistem penjaminan mutu fakultas yang mengacu kepada sistem penjaminan mutu universitas.
- Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan sarana prasarana yang menunjang proses pembelajaran
- Mengembangkan sistem evaluasi kinerja manajemen yang bermutu.
- Mengoptimalisasikan peran dan fungsi badan normatif fakultas.
- Mengembangkan sistem pengelolaan anggaran yang efektif, efisien, dan transparan yang berorientasi terhadap peningkatan partisipasi masyarakat dalam pendanaan pendidikan.
- Meningkatkan kualitas layanan akademik.
- Mengembangkan sistem penyelenggaran organisasi yang efektif dan efisien.
- Meningkatkan kemampuan penelitian dan kerjasama di bidang riset pada tingkat nasional dan internasional.
- Mendorong dan memfasilitasi peningkatkan kemampuan dosen dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, serta menyusun sistem pengembangannya.
Tahapan Pelaksanaan Strategi Pencapaian
- Penyusunan Renstra empat tahunan yang dilakukan dengan melibatkan seluruh stakeholders.
- Menyusun Rencana Operasional empat tahunan yang merupakan penjabaran program untuk dilaksanakan setiap tahunnya.
- Mendukung penyesuaian Kurikulum bagi program-program studi yang sesuai dengan perkembangan ilmu dan kebutuhan serta tuntutan pasar.
- Penerapan pola pembelajaran yang seimbang antara kemampuan akademik (hard skill) dan kemampuan soft skill.
- Membudayakan dan meningkatkan kualitas dosen dalam proses belajar dan mengajar.
- Menerapkan prinsip-prinsip dialogis, komunikasi dua arah, dan egalitarian antardosen dan mahasiswa.
- Penggantian sarana dan prasarana yang sudah tidak memadai dan penerapan teknologi informasi mutakhir.
- Optimalisasi Unit Penjaminan Mutu di tingkat fakultas dan program studi.
- Mendorong staf akademik dan staf penunjang dalam melanjutkan studi dan mengikuti pelatihan-pelatihan keahlian yang dibutuhkan.
- Menerapkan sistem evaluasi secara internal dan eksternal.
- Melakukan evaluasi kinerja masing-masing unit dan badan normatif fakultas dalam upaya peningkatan peran dan fungsinya.
- Membentuk badan kerjasama dan meningkatkan peran serta fungsi lembaga yang berpotensi mendapatkan dana.
- Menyusun dan menerapkan Standard Operational Procedure (SOP) dan Manual Operational Procedure (MOP) layanan akademik di masing-masing unit pelayanan.
- Mengevaluasi efektivitas, efisiensi, dan kinerja organisasi fakultas.
- Mendorong dosen dalam peningkatan kemampuan penyusunan proposal penelitian dan pengabdian melalui pelatihan-pelatihan bidang riset.