No. | Referensi | Kriteria | V/X | Dokumen Pendukung yang Wajib Dilampirkan | Keterangan | Bukti/Dokumen penunjang |
---|---|---|---|---|---|---|
Kriteria 1. Visi, Misi, Tujuan dan Strategis | ||||||
1 | Matriks APS 4.0 Kriteria C.1. Visi, Misi, Tujuan dan Strategi dan STD-A-02-035 Standar Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran | Apakah terdapat kesesuaian Visi, Misi, Tujuan dan Strategi (VMTS) Unit Pengelola Program Studi (UPPS) terhadap VMTS Perguruan Tinggi (PT) dan visi keilmuan Program Studi (PS) yang dikelolanya. | V | 1. Renstra PT 2. Renstra Fakultas | Ada kesesuaian karena Renstra FISIP disusun mengacu pada prinsip-prinsip Restra Unas dan Visi keilmuan Program Studi mengacu pada renstra FISIP | Renstra UNAS dan FISIP |
2 | Apakah terdapat mekanisme dan keterlibatan pemangku kepentingan dalam menyusun VMTS UPPS? | V | 1. Dokumentasi Data Dukung (undangan, notulensi, absensi,foto) | Penyusunan VMTS UPPS melibatkan stakeholder strategis yang terdiri dari dosen, mahasiswa, tendik, alumni, dan pengguna lulusan | Laporan Raker FISIP UNAS dan masukan tertulis dari stakeholders | |
3 | Apakah terdapat Kegiatan sosialisasi visi misi | V | 1. Dokumentasi Data Dukung (undangan, notulensi, absensi,foto) | FISIP senantiasa melakukan sosialisasi VMTS secara kosisten dengan mengunggah VMTS pada web FISIP, leaflet FISIP, banner di lingkungan FISIP. Sosialisasi juga dilakukan melalui kegiatan seperti rakor rutin pimpinan, rapat dosen setiap semester, kegiatan PLBA, | Kegiatan Sosialisasi VMTS FISIP | |
4 | Apakah dilakukan Survey pemahaman stakeholder terhadap visi misi -metodologi -sampel -analisis | V | 1. Link Survey 2. Laporan Survey | FISIP melalukan survey pemahaman VMTS dengan metodologi, penetapan sampel, dan analisis hasil surveynya | Link dan Laporan Survei VMTS FISIP UNAS | |
5 | Strategi Pencapaian Tujuan disusun berdasarkan analisis yang sistematis, serta pada pelaksanaan dilakukan pemantauan dan evaluasi yang ditindaklanjuti | V | 1. Laporan Pencapaian Visi Misi | Strategi pencapaian VMTS dilakukan dengan menurunkan pada indikator pencapaian yang tertuang dalam Renstra, dan di evaluasi secara berkala (setiap tahun) dan dilaporkan dalam Laporan Kinerja Tahunan FISIP UNAS | Restra FISIP UNAS dan Laporan Kinerja Tahunan FISIP UNAS (BAB III) halaman 41 | |
Kriteria 2. Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama | ||||||
6 | Matriks APS 4.0 Kriteria C.2. Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama, STD-A-02-07 Standar Pengelolaan Pembelajaran, STD-A-02-15 Standar Pengelolaan Penelitian dan STD-A-02-023 Standar Pengelolaan Pengabdian kepada Masyarakat | Kerjasama Tridharma | V | MONEV Tabel 2.1 | Analisa isi tabel MONEV | Tabel 2.1 Kerjasama Tridharma |
7 | Apakah UPPS memiliki dokumen formal struktur organisasi dan tata kerja yang dilengkapi tugas dan fungsinya, serta telah berjalan secara konsisten dan menjamin tata pamong yang baik serta berjalan efektif dan efisien | V | 1. Dokumen Struktur Organisasi dan Tupoksi | Struktur organisasi dan tata kerja dengan tupoksi UPPS mengacu pada Statuta UNAS sebagai dokumen formal dan legal. Acuan capaian tupoksi mengacu pada ketercapaian VMTS melalui indikator-indikator Restra yang diimplementasikan pada kegiatan di tingkat prodi maupun fakultas | STATUTA 2021 (halaman 11-17) | |
8 | Apakah UPPS memiliki praktek baik (best practices) dalam menerapkan tata pamong yang memenuhi 5 kaidah good governance: 1) Kredibel, 2) Transparan, 3) Akuntabel, 4) Bertanggung jawab, 5) Adil. untuk menjamin penyelenggaraan program studi yang bermutu. | V | 1. Dokumentasi Laporan Kinerja (Dekan dan Kaprodi) | UPPS memiliki praktik baik berupa pengembangan sistem administrasi tata usaha (SATU) sebagai upaya untuk mengoptimalkan dan mengefisienkan kerja tata usaha di tingkat fakultas dan program studi | Laporan Best Practice FISIP – Aplikasi SATU | |
9 | Apakah Terdapat bukti/pengakuan yang sahih bahwa pimpinan UPPS memiliki karakter kepemimpinan operasional, organisasi, dan publik. | V | 1. SK Pengangkatan sebagai pemimpin organisasi/ asosiasi/ publik) | Pimpinan UPPS memiliki pengalaman dan kapasitas dalam kepeminpinan operasional, organisasi dan publik | SK Pengangkatan Pimpinan UPPS Sebagai Pemimpin Organisasi/Asosiasi/Publik | |
10 | Apakah Pimpinan UPPS mampu : 1) melaksanakan 6 fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, penempatan personel, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan, pelaporan yang menjadi dasar tindak lanjut) secara efektif dan efisien, 2) mengantisipasi dan menyelesaikan masalah pada situasi yang tidak terduga, 3) melakukan inovasi untuk menghasilkan nilai tambah | V | 1. Renstra UPPS 2. Renop 3. Rapat Kerja Tahunan 4. Laporan Kinerja Tahunan | Pimpinan UPPS memiliki kerangka kerja dan capaian pada tingkat makro yaitu Renstra FISIP. Pada tingkat pelaksanaan Restra diturunkan pada kerangka kerja tahunan di tingkat prodi dan fakultas, pada tingkat implementasinya dilakukan melalui rakor rutin (mingguan), laporan kinerja tahunan | Rentra UPPS, Renop UPPS, Raker Tahunan, dan Laporan Kinerja Tahunan UPPS | |
11 | UPPS menetapkan indikator kinerja tambahan berdasarkan standar pendidikan tinggi yang ditetapkan perguruan tinggi. Indikator kinerja tambahan mencakup seluruh kriteria serta menunjukkan daya saing UPPS dan program studi di tingkat inernasional. Data indikator kinerja tambahan telah diukur, dimonitor, dikaji, dan dianalisis untuk perbaikan berkelanjutan | LKPS dan LED yang mencakup IKU dan IKT | Narasi dan Data Dukung IKT UPPS | |||
12 | Analisis pencapaian kinerja UPPS di tiap kriteria memenuhi 2 aspek, dilaksanakan setiap tahun dan hasilnya dipublikasikan kepada para pemangku kepentingan | V | 1. Laporan Kinerja ke Stakeholder melalui Web Universitas dan atau Web Unit Kerja | Sebagai bentuk akuntabilitas UPPS kepada stakeholder, UPPS mempublikasikan laporan kinerja tahunan UPPS pada web sebagai salah satu media komunikasi internal dan eksternal | Laporan Kinerja Tahunan UPPS yang diunggah di WEB UPPS | |
13 | apakah UPPS telah melaksanakan SPMI yang memenuhi 5 aspek: 1) dokumen legal pembentukan unsur pelaksana penjaminan mutu. 2) ketersediaan dokumen mutu: kebijakan SPMI, manual SPMI, standar SPMI, dan formulir SPMI. 3) terlaksananya siklus penjaminan mutu (siklus PPEPP) 4) bukti sahih efektivitas pelaksanaan penjaminan mutu. 5) memiliki external benchmarking dalam peningkatan mutu. | V | 1. Ortala 2. SK pendirian Unit Kerja 3. SK pembentukan UPM di masing-masing unit kerja 4. SK pengangkatan Ka dan Staf UPM 5. Dokumen SPMI, Monev, AMI, RTM 6. Laporan Studi Banding (Benchmarking) | UPPS terus berproses melaksanakan dan meningkatkan siklus SPMI sebagai bagian dari pemenuhan amanat UU, konsistensi pada penguatan dan pengembangan tata pamong dan budaya mutu di tingkat UPPS maupun pengembangan melalui benchmarking ke intitusi yang memiliki kapasitas dan kompetensi yang lebih unggul | Dokumen Pendukung Pertanyaan 2.13. | |
14 | Apakah UPPS telah melakukan Pengukuran kepuasan para pemangku kepentingan (mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, lulusan, pengguna, mitra industri, dan mitra lainnya) terhadap layanan manajemen, yang memenuhi aspek-aspek berikut: 1) menggunakan instrumen kepuasan yang sahih, andal, mudah digunakan, 2) dilaksanakan secara berkala, serta datanya terekam secara komprehensif, 3) dianalisis dengan metode yang tepat serta bermanfaat untuk pengambilan keputusan, 4) tingkat kepuasan dan umpan balik ditindaklanjuti untuk perbaikan dan peningkatan mutu luaran secara berkala dan tersistem. 5) dilakukan review terhadap pelaksanaan pengukuran kepuasan dosen dan mahasiswa, serta 6) hasilnya dipublikasikan dan mudah diakses oleh dosen dan mahasiswa | V | 1. Link Survey 2. Laporan Hasil Survey 3. Publikasi Laporan Hasil Survey | UPPS telah melaksanakan pengukuran kepuasan layanan UPPS terhadap stakeholder melalui survey kepuasan layanan. Kegiatan tersebut telah dibuat laporan yang memuat di dalamnya metodologi, analisis dan link google form yang digunakan. | Laporan Servei Kepuasan | |
Kriteria 4. Sumber Daya Manusia | ||||||
15 | Matriks APS 4.0 Kriteria C.4 Sumber Daya Manusia dan STD-A-02-5 Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan | Kualifikasi dan kecukupan tenaga kependidikan berdasarkan jenis pekerjaannya (administrasi, pustakawan, teknisi, dll.) | V | MONEV Tabel 4a5 | Sesuai statuta UNAS bahwa tenaga kependidikan (tendik) berada di level UPPS. Saat ini UPPS memiliki 6 orang tendik yang bertugas untuk pelayanan non akademik 5 orang, dan laboran 1 (satu) orang.Semua tendik berlatar pendidikan S1 sesuai dengan bidang layanan yang diberikannya. Tendik juga sudah memiliki pengalaman memahami siklus bisnis UPPS dan UNAS secara umum. Hal ini menjadi faktor penting dalam mempermudah dan mempercepat pelayanan dan koordinasi yang dilakukan. Untuk kegiatan rutinnya dibantu dengan aplikasi SATU dan untuk administrasi tugas akhir dibantu dengan APPSTA. Kehadiran aplikasi membantu mengefisienskan kerja khususnya pada pelayanan non akademik | Tabel Monev 4.a.5. Kualifikasi Tendik |
16 | Pengakuan/Rekognisi DTPS | MONEV Tabel 4b1 | Berdasarkan tabel pengakuan / rekognisi DTPS dari 5 (lima) prodi menunjukkn bahwa DTPS FISIP telah mendapatkan banyak pengakuan atau rekognisi dalam berbagai kategori kegiatan. Hal ini menunjukkan bahwa DTPS FISIP bereputasi yang memberikan implikasi pada reputasi institusi (FISIP maupun UNAS) | Tabel Monev 4.b.1 Pengakuan/Rekognisi DTPS | ||
17 | Kegiatan penelitian DTPS yang relevan dengan bidang program studi dibawah UPPS dalam 3 tahun terakhir. | V | 1. MONEV Tabel 4b2 2. MONEV Tabel 4b2-1 | Berdasarkan tabel kegiataTPS dari 5 (lima) prodi menunjukkan bahwa sebagian besar dari DTPS telah terlibat secara konsisten pada kegiatan penelitian. Jika dikomparasikan dengan data sebelumnya memperlihatkan peningkatan. Namun jika dibandingkan dengan angka DTPS secara keseluruhan, maka masih perlu upaya untuk tersu mendorong DTS melakukan peningkatan penelitian baik secara individual maupun kolaborasi. | Monev Tabel 4b2-1 Penelitian Dosen | |
18 | Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat DTPS yang relevan dengan bidang program studi dibawah UPPS dalam 3 tahun terakhir. | V | 1. MONEV Tabel 4b3 2. MONEV Tabel 4b3-1 | Berdasarkan tabel kegiataTPS dari 5 (lima) prodi menunjukkan terdapat kegiatan PKM yang dilakukan oleh DTPS. Namun jika dikomparasikan dengan data tabel penelitian, kegiatan PKM masih belum memadai. Terlebih jika dikomparasikan dengan data DTPS. Karenanya diperlukan strategi secara khusus untuk meningkatkan kegiatan PKM untuk DTPS baik baik secara individual maupun kolaborasi. | Monev Tabel 4b3-1 PKM Dosen | |
19 | Publikasi Ilmiah DTPS yang relevan dengan bidang program studi dibawah UPPS dalam 3 tahun terakhir. | V | 1. MONEV Tabel 4b4 2. MONEV Tabel 4b4-1 | Berdaarkan tabel memperlihatkan terdapat publikasi DTPS . Namun ke depan perlu dibangun strategi uantuk terus meningkatkan publikasi dalam berbagai ketegori. Strategi yang perlu didorong diantaranya adalah menerbitkan publikasi baik secara individu maupun kolaborasi. | Monev Tabel 4b4 Publikasi Ilmiah Dosen | |
20 | Karya Ilmiah DTPS yang disitasi dalam 3 tahun terakhir | V | MONEV Tabel 4b5 | Berdasarkan tabel memperlihakan bahwa DTPS telah menggunggah karya-karya ilmiahnya pada google scholaar sehingga dapat dihitung jumlah sitasinya. Namun jumlah sitasi dri publikasi DTPS masih rendah sehingga perlu upaya khusus untuk mensosialisasikan karya DTS dalam klaster studi sehingga dapat disitasi pada tim klaster dan mahasiswa yang berada pada klaster isu yang sama. | Monev Tabel 4b5 Karya Ilmiah Dosen yang disitasi | |
21 | Luaran Penelitian/PkM Lainnya oleh DTPS dalam 3 tahun terakhir. | MONEV Tabel Luaran Penelitian/PkM Lainnya oleh Dosen Tetap | Luaran penelitian DTPS dalam 3 tahun terakhir sudah ada, namun jumlah masih relatif rendah dibandingkan dengan jumlah DTPS. Perlu strategi afirmasi untuk mendorong peningkatan keluaran penelitian maupun PKM DTPS baik di tingkat UNAS, Fakutlas maupun Prodi. | Monev Tabel Luaran Penelitian/PKM Dosen FISIP | ||
Kriteria 7. Penelitian | ||||||
22 | Matriks APS 4.0 Kriteria C.7. Penelitian STD-A-01-10 Standar Isi Penelitian, STD-A-01-11 Standar Proses Penelitian, STD-A-01-12 Standar Penilaian Penelitian | Apakah terdapat Relevansi penelitian pada UPPS mencakup unsur-unsur sebagai berikut: 1) memiliki peta jalan yang memayungi tema penelitian dosen dan mahasiswa, 2) dosen dan mahasiswa melaksanakan penelitian sesuai dengan agenda penelitian dosen yang merujuk kepada peta jalan penelitian. 3) melakukan evaluasi kesesuaian penelitian dosen dan mahasiswa dengan peta jalan, dan 4) menggunakan hasil evaluasi untuk perbaikan relevansi penelitian dan pengembangan keilmuan program studi | Monev Tabel 7b. | Kegiatan penelitian fakultas terus berproses untuk menyesuaikan antara interest DTPS, peta jalan penelitian UNAS,Fakultas dan Prodi maupun perkembangan kontemporer yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan kecenderungan tersebut. | Dokumen Renstra Penelitian UNAS dan Roadmap FISIP | |
Kriteria 8. Pengabdian Kepada Masyarakat | ||||||
23 | Matriks APS 4.0 Kriteria C.8. Pengabdian Kepada Masyarakat STD-A-01-18 Standar Isi Pengabdian Kepada Masyarakat, STD-A-01-19 Standar Proses Pengabdian Kepada Masyarakat, STD-A-01-20 Standar Penilaian Pengabdian Kepada Masyarakat | Apakah terdapat Relevansi PkM pada UPPS mencakup unsurunsur sebagai berikut: 1) memiliki peta jalan yang memayungi tema PkM dosen dan mahasiswa serta hilirisasi/penerapan keilmuan program studi, 2) dosen dan mahasiswa melaksanakan PkM sesuai dengan peta jalan PkM. 3) melakukan evaluasi kesesuaian PkM dosen dan mahasiswa dengan peta jalan, dan 4) menggunakan hasil evaluasi untuk perbaikan relevansi PkM dan pengembangan keilmuan program studi. | Monev Tabel 8b. | Kegiatan PKM fakultas terus berproses untuk menyesuaikan antara interest DTPS, peta jalan penelitian UNAS,Fakultas dan Prodi maupun perkembangan kontemporer yang terjadi. Hasil PKM menunjukkan kecenderungan tersebut. Meskipun jik ditilik dari jumlah PKM masih jauh dari jumlah penelitian sehingga perlu strategi untuk meningkatkan dan memandu kegiatan PKM DTPS sesuai dengan interest DTPS, peta jalan PKM dan juga perkembangan kontemporer yang ada. | Dokumen Renstra Penelitian UNAS dan Roadmap FISIP | |
Kriteria 9. Luaran dan Capaian Tridharma | ||||||
24 | Matriks APS 4.0 Kriteria D Analisis dan Penetapan Program Pengembangan STD-A-02-25 Standar Tata Pamong | Apakah UPPS telah melakukan analisis capaian kinerja yang : 1) analisisnya didukung oleh data/informasi yang relevan (merujuk pada pencapaian standar mutu perguruan tinggi) dan berkualitas (andal dan memadai) yang didukung oleh keberadaan pangkalan data institusi yang terintegrasi 2) konsisten dengan seluruh kriteria yang diuraikan sebelumnya 3) analisisnya dilakukan secara komprehensif, tepat, dan tajam untuk mengidentifikasi akar masalah di UPPS 4) hasilnya dipublikasikan kepada para pemangku kepentingan internal dan eksternal serta mudah diakses | V | 1. Laporan Capaian Kinerja UPPS | UPPS secara rutin memonitor kegiatan dan capaiannya dalam RAPIM mingguan (setiap hari Selasa). Berdasarkan RAPIM mingguan, data kegiatan dari masing-masing prodi dicatat oleh UPPMK (yang terkait dengan kegiatan penelitian, PKM dan kerjasama), sementara untuk kegiatan tata pamong terkait dengan penjaminan mutu kegiatan tridharma PT dicatat oleh UPM (Unit Penjminan Mutu) di tingkat fakultas. Kompiltasi seluruh kegiatan prodi dan fakultas termuat dalam LAPORAN KINERJA TAHUNAN UPPS yang dibuat bersama oleh UPM dan Pimpinan Fakultas dan disyahkan oleh Dekan. Laporan didistribukasikan pad seluruh pimpinan fakultas dan juga diunggah di WEB FISIP | Laporan Kinerja Tahunan FISIP |
25 | Apakah UPPS telah melakukan analisis SWOT atau analisis lain yang relevan, serta memenuhi aspek-aspek sebagai berikut : 1) melakukan identifikasi kekuatan atau faktor pendorong, kelemahan atau faktor penghambat, peluang dan ancaman yang dihadapi UPPS dilakukan secara tepat, 2) memiliki keterkaitan dengan hasil analisis capaian kinerja 3) merumuskan strategi pengembangan UPPS yang berkesesuaian, dan 4) menghasilkan programprogram pengembangan alternatif yang tepat. | V | 1. Renstra UPPS 2. Renop UPPS 3. Laporan Kinerja Tahunan | Dalam penyusunan Renstra,UPPS melakukan SWOT. Identifikasi SWOT dilakakukan bersama antara pimpinan UPPS,dosen dan juga mengacu pada SWOT renstra sebelumnya dan melakukan pemutakhiran dengan berbagai kondisi kontemporer yang terkait secara langsung pada posisi dan keberlanjutan UPPS | Renstra FISIP, Renop FISIP, Laporan Kinerja Tahunan FISIP | |
26 | Apakah UPPS telah menetapkan prioritas program pengembangan berdasarkan hasil analisis SWOT atau analisis lainnya yang mempertimbangkan secara komprehensif : 1) kapasitas UPPS 2) kebutuhan UPPS dan PS di masa depan 3) rencana strategis UPPS yang berlaku 4) aspirasi dari pemangku kepentingan internal dan eksternal, serta 5) program yang menjamin keberlanjutan | V | 1. Renstra UPPS 2. Renop UPPS 3. Laporan Kinerja Tahunan | Tentu saja UPPS melakukan prioritas kegiatan baik di tingkat UPPS maupun Prdi. Prioritas kegaitan yang dipilih adalah prioritas kegaitan yang dibutuhkan untuk kepentingan mempertahankan akreditasi program studi dan pengembangan UPPS maupun Prodi sesuai dengan VMTS Fakultas dan UNAS. | Renstra FISIP, Renop FISIP, Laporan Kinerja Tahunan FISIP | |
27 | Apakah UPPS memiliki kebijakan dan upaya yang diturunkan ke dalam berbagai peraturan untuk menjamin keberlanjutan program yang mencakup : 1) alokasi sumber daya 2) kemampuan melaksanakan program pengembangan 3) rencana penjaminan mutu yang berkelanjutan, dan 4) keberadaan dukungan pemangku kepentingan eksternal | V | 1. Renstra UPPS 2. Renop UPPS 3. Laporan Kinerja Tahunan | Dalam menjalankan kegaitan akademik dan non akademik,UPPM senantiasa mengacu pada Renstra dan kondisi perkembangan yang ada. Dalam hal SDM misalnya, peningkatan animo mahasiswa pada prodi-prodi di UPPS tidak dapat direspon secara cepat sehingga UPPS mengambil kebijakan terkait dengan kondisi tersebut. Sebagai salah satu contoh, peningkatan animo mahasiswa prodi komunikasi yang sangat tinggi, maka Fakultas bersama UNAS melakukan kebijakan percepatan perekrutan tenaga pengajar termasuk kebijakan percepatan studi lanjut bagi dosen-dosen muda. Untuk menyiasati kebutuhan pada proses akademik, Dekan mengeluarkan kebijakan diskresi pada pengurusan jabatan fungsional dosen untuk memenuhi persyaratan pelaksanaan tugas-tugas akademik (bimbingan,menguji, dll) yang diperkuat dengan Nota Dekan terkait dengan kebijakan tersebut. | Renstra FISIP, Renop FISIP, Laporan Kinerja Tahunan FISIP, Kebijakan FISIP yang menjamin keberlanjutan progam |