Jakarta (UNAS) – Unit Pelaksanaan Teknis Marketing and Public Relation Universitas Nasional mengadakan kegiatan berupa pelatihan penerapan SEO pada Website Program Studi yang ada di UNAS. Kegiatan tersebut mengundang Ketua Program Studi dan Unit Penjaminan Mutu Setiap Fakultas.
Menurut Manajer UPT MPR Marsudi, S.P., kegiatan pelatihan ini bertujuan agar calon mahasiswa baru yang ingin mencari informasi tentang Program Studi yang mereka tuju bisa mendapatkannya dengan lebih akurat. “Pemanfaatan Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu strategi yang krusial dalam memastikan keberhasilan sebuah website. Melalui teknik-teknik SEO yang tepat, website dapat lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet melalui mesin pencari seperti Google, Bing, atau Yahoo. Dengan demikian, peluang untuk meningkatkan traffic website, mendapatkan leads, dan akhirnya konversi menjadi lebih besar.” Katanya
Ia berharap pelatihan ini bisa menjadi panduan yang berharga dalam merumuskan strategi dalam meningkatkan website Program Studi.“Kami berharap pelatihan ini dapat menjadi panduan yang berharga dalam merumuskan strategi pengembangan dan penguatan keberadaan seluruh program studi yang ada di UNAS. Dengan menerapkan prinsip-prinsip SEO yang benar dan efektif, sehingga website Program studi dapat menjadi sumber informasi yang lebih terpercaya, serta meningkatkan interaksi dan keterlibatan dengan calon mahasiswa.” Ujarnya.
Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Suryono Effendi, S.E., M.B.A. M.M., mengatakan pelatihan ini sebagai upaya selain meningkatkan mahasiswa baru juga agar website yang ada di UNAS khususnya web Prodi bisa diisi secara maksimal. “Merambah ke dunia digital adalah salah satu upaya untuk meningkatkan website Program Studi supaya masyarakat ketika mencari UNAS di Google bisa langsung muncul. Website diisi dengan konten konten secara maksimal,” kata Suryono.
Kegiatan Pelatihan Penerapan Konsep SEO Terhadap Website Program Studi diisi oleh narasumber Ivan Naufal Manggus, S.T, M.Sc., dengan materi berupa ; Kata Kunci, Struktur Website, Page URl, Meta Title & Descriptions, Page Heading, Paragraf Pertama, Keyword Density, Image Filename & Alt Text, Authority Link, Word Count, Rankbrain, CTR, & Content UX.
Dalam Pelatihan, Ivan memaparkan tentang materi tersebut, Ia menyampaikan dalam mengupayakan Website yang maksimal, maka harus banyak konten yang relevan sesuai dengan Program Studi tersebut. Kegiatan Pelatihan Penerapan Konsep SEO digelar pada Kamis (04/04) di Ruang Seminar Lt. 3 Universitas Nasional. (TIN)