Jakarta (UNAS) – Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional mengadakan Workshop Teaching Praction yang membahas komunikasi lintas budaya dalam konteks bisnis global, serta untuk mengeksplorasi konsep desain grafis dan branding yang efektif untuk menciptakan pesan yang memadukan keberagaman budaya dan konteks bisnis global.
Adapun tema workshop ini yaitu “Intercultural Communication Analysis in Global Business Context”.
Acara ini turut dihadiri oleh Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi UNAS Djudjur Luciana Radjagukguk, S.Sos., M.Si. para narasumber diantaranya Praktisi dari Uzbekistan Abdusamatov Doniyorkhuja, Dosen Program studi Ilmu Komunikasi UNAS Azizah Des Derivanti, M.I.Kom. dan Vivitri Endah Andriani, M.I.Kom. serta dosen dan mahasiswa dilingkungan Program studi Ilmu Komunikasi UNAS.
Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu, (27/3/2024) di Exhibition Room UNAS ini dibuka oleh Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi UNAS Djudjur Luciana Radjagukguk, S.Sos., M.Si. Dalam sambutannya, Djujur menyampaikan, terima kasih atas kehadiran para narasumber dan menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan. Ia melanjutkan, dalam workshop ini mahasiswa bisa belajar tentang bagaimana komunikasi antar budaya serta dapat menganalisisnya.
“Dan tentu hal-hal yang baik bisa kita pelajari jadi timbalah ilmu sebanyak-banyaknya. Dan ini menjadi bekal kita untuk bisa mengetahui beberapa hal yang kita mungkin tidak dapat (komunikasi lintas budaya dalam konteks bisnis global) dari dalam tapi kita dapat dari orang yang memiliki kemampuan untuk bisa membagikan ilmunya kepada kita,” ujar Djudjur.
Ia berharap, melalui kegiatan ini juga mahasiswa juga dapat memetik ilmu dan mungkin bisa dijadikan judul penelitian/skripsi terkait kultur budaya Uzbekistan. “Dan mudah-mudahan mahasiswa disini mendapatkan ilmu yang banyak, belajar suatu hal yang baru dan membuat kemampuan skillnya bertambah lebih banyak lagi,” tutupnya.
Setelah pembukaan kegiatan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber Azizah Des Derivanti, M.I.Kom. yang menjelaskan mengenai ahli komunikasi lintas budaya tentang tantangan dan peluang dalam bisnis global studi kasus tentang kesuksesan dan kegagalan dalam komunikasi lintas budaya dalam konteks bisnis.
Setelah itu, dilanjutkan dengan presentasi materi kedua oleh Vivitri Endah Andriani, M.I.Kom. mengenai prinsip-prinsip desain grafis yang efektif dalam menyampaikan pesan lintas budaya. Dan presentasi terakhir disampaikan oleh Abdusamatov Doniyorkhuja tentang implementasi konsep komunikasi lintas budaya dalam desain grafis dan branding.
Usai pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan foto bersama oleh narasumber dan mahasiswa. (*DMS)