Program Studi Ilmu Sosiologi

Visi

Menjadikan pusat unggulan dalam kajian Sosiologi Industri sesuai dengan perkembangan, perubahan dan gerak globalisasi

Misi

  1. Mengembangkan kemampuan bidang akademik dalam bidang sosiologi terutama Sosiologi Industri sesuai dengan kebutuhan masyarakat, lembaga-lembaga sosial serta pendidikan tinggi yang menaruh perhatian terhadap perkembangan sosiologi.
  2. Membentuk peserta didik agar menjadi sarjana yang memiliki kemampuan akademik dalam bidang studi Sosiologi, berbudi pekerti luhur, kreatif produktif dan yang mampu menerapkan, mengembangkan ilmu pengetahuannya secara bertanggung jawab, serta memperkaya kajian Ilmu Sosiologi sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, bangsa dan negara Republik Indonesia.
  3. Menyelenggarakan proses belajar mengajar yang berkualitas dan berbasis riset yang senantiasa mengikuti dinamika perkembangan Ilmu Sosiologi serta fakta-fakta empiris yang menyertainya.
  4. Mengembangkan kegiatan-kegiatan penelitian dan kajian dalam bidang Sosiologi, khususnya pada kajian Sosiologi Industri dan Pembangunan.
  5. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa seminar dan pelatihan dengan bekerja sama dengan pemerintah, kalangan usaha, Lembaga Swadaya Masyarakat atau masyarakat.

Tujuan

  1. Melahirkan sarjana-sarjana Sosiologi yang berbudi pekerti luhur, kreatif, produktif dan memiliki kemampuan akademik serta mampu menerapkan ilmunya dalam mengembangkan konsep-konsep dan teori-teori sosiologi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia.
  2. Tercapainya pengembangan dan penyebarluasan kajian Ilmu Sosiologi yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan harkat dan martabat bangsa.
  3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia pengajar dan peneliti agar lebih profesional dan produktif dalam berkarya serta mampu bersaing dalam era globalisasi melalui pemberian berbagai kesempatan menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan perbaikan tingkat kesejahteraan yang semakin memadai.

Ilmu Sosiologi pada dasarnya muncul karena terjadi kekacauan sosial atau ketidakteraturan sosial akibat adanya revolusi individual diberbagai negara dan berkembanganya ekonomi kapitalis. Terjadinya kesenjangan sosial dan ekonomi yang sangat tajam, serta degradasi moralitas. Para ahli sosiologi sangat prihatin akan hal ini, sehingga seluruh kajian Ilmu Sosiologi merupakan manifestasi mereka untuk mengkontruksi masyarakat yang berkeadilan dan kesejahteraan bersama. Atau dengan kata lain bagaimana menciptakan dunia sosial yang dinamis yang berasaskan nilai-nilai kemanusiaan. Setiap relasi yang dibangun baik pada tataran antara individu dengan individu, kelompok dengan kelompok ataupun suatu negara dengan negara yang lain dilandasi oleh nilai-nilai kemanusiaan tadi. Perbedaan ras, agama atau atribut identitas lainnya merupakan suatu realitas sosial, akan tetapi bukan dianggap suatu bagian untuk mengkontruk perbedaan-perbedaan dalam kelas sosial. Hal inilah yang mendasari mengapa Jurusan Sosiologi UNAS memilih konsentrasi pada Pemberdayaan Masyarakat. Asumsi yang dibangun adalah bagaimana mensinerjikan  antara potensi yang ada dalam masyarakat, baik itu kapital fisik, sosial, budaya dan manusianya dengan intervensi sosial dari luar, baik itu institusi pemerintah maupun institusi lainnya. Sehingga keadilan sosial dan kesejahteraan sosial seperti yang dicita-citakan dalam konstitusi kita dapat terwujud.

Sistem Perkuliahan

Perkuliahan yang dilakukan oleh Jurusan Sosiologi, bukan menerapkan metode konvensional seperti yang lazim berlaku dalam dunia perguruan tinggi. Pada semester awal mahasiswa sudah dikenalkan dengan kuliah lapang atau field trip atau dengan kata lain latihan grounded research. Sebagai calon peneliti, maka kemampuan untuk menangkap fenomena sosial atau permasalahan sosial yang tentunya akan berkelindan dengan aspek yang lain, seperti aspek ekonomi, ekologi, politik dan lainnya sangat utama untuk diasah. Proporsi kuliah lapang (praktek lapang) dengan perkuliahan di dalam kelas 60 % perkuliahan di kelas dan 40 % kuliah lapang. Metode ini sejalan dengan visi yang ingin dicapai oleh UNAS yaitu menjadi Reseacrh University.

Aktifitas Penunjang Perkuliahan

Untuk meningkatkan suasana dan budaya akademik, Jurusan Sosiologi bersama Himpunan Mahasiswanya sangat intens melakukan aktifitas: Bedah buku, diskusi teoritis (Kelompok Sutan Takdir Alisyahbanah Club atau dikenal dengan STA Club), Stadium Generale (Kuliah Umum dengan berbagai hot issue dalam dunia akademik dan dalam kehidupan masyarakat),  Pelatihan Riset dan Penulisan Karya Ilmiah dan banyak aktifitas lainnya. Yang kesemuanya ditujukan untuk menghasilkan calon-calon sosiolog yang berkualitas tinggi, moralitas yang sangat baik dan nasionalisme tinggi.  

 

 

 

 

12 thoughts on “Program Studi Ilmu Sosiologi

    1. Dear Putri,

      Mohon maaf yang sebesar-besarnya baru respon. Sosiolog itu fieldnya luas sekali Putri, bisa di Lembaga Penelitian Pemerintah, Swasta dan Perusahaan. Kalau di perusahaan/MNC (multi Nasional Corporation), perusahaan asing, biasanya kita ditempatkan dibidang marketing research. Kita yang akan menilai kecenderungan trend pasar seperti apa sehingga kita bisa mengkonstruk produk yang dibutuhkan oleh masyarakat. Posisi kita sebagai konseptor dalam hal ini.

  1. Saya mau tanya, apakah untuk jurusan/program studi Sosiologi UNAS untuk S1 ada kuliah malam atau kuliah untuk pekerja? terima kasih.

    1. Dear Nurain,

      Untuk semester ini sudah mulai dibuka kelas eksekutif/karyawan. Silahkan kontak kesekretariatan FISIP UNAS

  2. istilah pemberdayaan adalah progran sosiologi untuk masyarakat yang tertinggal,sedangkan bagi masyarakat yang sudah maju adalah program pengembangan, bukan pemberdayaan,

    1. Dear Respatidr,

      Untuk konteks Indonesia, kedua-duanya kita gunakan sebenarnya, khan dalam sejarah intervensi sosial,kedua istilah itupun masih menjadi perdebatan karena sering terjadi overlapping: direct dan indirect approach digunakan sekaligus untuk membangun masyarakat….

  3. Karena itu, saya siap untuk ikut membantu mengembangkan ilmu Sosiologi yang sudah ada, misalnya Sosiologi Hukum di fakultas hukum dan di ilmu sosiologi itu sendiri Di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Nasional Jakarta

    1. Dear Respatidr,

      Dengan senang hati, kami menanti Saudara untuk sama-sama bergabung dengan institusi kita, untuk mendorong pencapaian masyarakat kita yang maju. Terutama kelas bawah kita, petani, nelayan dan buruh…

  4. Ilmu Sosiologi itu intinya Penelitian (meneliti berbagai fenomena tergantung substansi apayang akan diteliti) masyarakat itu luas dan tidak bisa disangkal adanya stratifikasi di dalam masyarakat. menerapkan pemberdayaan itu kepada masyarakat mana, dan harus jelas (ini masukan saja) sebagai orang sosiologi kita harus menyusun fenomena-fenomena yang ada, dengan berkaca kepada latar belakang kelahiran ilmu sosiologi itu sendiri. karena mau tidak mau sosiologi terlahir dipengaruhi berbagai fenomena misalnya :
    – filosof
    – romawi
    – yunani
    – kejadian2 di dunia
    -perang dunia ke satu
    -perang dunia ke dua
    – debat diantara para tokoh sosiologi itu sendiri, (antara pendukung dan penentang)
    -Emile Durkheim X Herbert Spencer intinya kebersatuan (kelahiran teori konflik)
    aplikasinya,hanya lewat analisis sosiologi, langkah apa yang harus kita tempuh untuk mensejahterakan bangsa, dan mendamaikan dunia

  5. salam, admin saya mau mengabdi dan berbagi keilmuan di Universitas nasional. saya alumni Sosiologi pascasarjana Universitas Cenderawasih Jayapura dan akan melanjutkan ke Pascasarjana UI. kebetulan saya ingin mengabdi di kampus unas, apakah bisa untuk disampaikan ke pimpinan?
    terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *