Program Studi Ilmu Komunikasi

Visi

Menjadi pusat unggulan kajian bidang Jurnalistik, Hubungan Masyarakat dan Periklanan di Indonesia, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek)di era globalisasi.

Misi

  1. Mengembangkan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat berkenaan dengan studi Ilmu Komunikasi terutama kajian Jurnalistik, Humas dan Periklanan, sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  2. Membentuk peserta didik agar menjadi sarjana yang memiliki kemampuan akademik dalam bidang studi Ilmu Komunikasi, berbudi pekerti luhur, kreatif, produktif dan dapat menerapkan serta mengembangkan ilmu pengetahuannya secara bertanggungjawab, serta memperkaya kajian Ilmu Komunikasi sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, bangsa dan negara dalam menghadapi perkembangan komunikasi.
  3. Mengembangkan sarana dan prasarana laboratorium dalam menunjang peningkatan kuantitas dan kualitas mutu pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.
  4. Menggalang kerjasama kemitraan dengan berbagai pihak, baik lembaga pemerintah, lembaga swasta, tokoh masyarakat, maupun pihak asing.

Tujuan

  1. Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar secara dialogis antara dosen dan mahasiswa
  2. Membentuk peserta didik yang memiliki kemampuan akademik dan dapat menerapkan, mengembangkan serta memperkaya khasanah Ilmu Komunikasi.
  3. Mempersiapkan lulusan yang siap dan mampuberkompetisi di dunia kerja dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi.
  4. Mencapai pengembangan dan penyebarluasan kajian Ilmu Komunikasi yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan harkat dan martabat bangsa serta memperkaya kebudayaan nasional.
  5. Menciptakan atmosfir akademik yang kuat melalui kegiatan diskusi, seminar, workshop dan pelatihan serta pemanfaatan secara optimal unit-laboratorium Prodi Ilmu Komunikasi.
  6. Mengembangkan ilmu melalui kegiatan tri dharma perguruan tinggi (pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat)
  7. Meningkatkan kualitas penelitian di kalangan dosen dan mahasiswa yang diharapkan memberi manfaat bagi masyarakat.

Akreditasi B
Jenjang Studi / Gelar : S1 / Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom)
Bobot Kurikulum : 144 sks
Masa Studi : 7 – 14 Semester
Waktu Kuliah : Pagi / Sore

PROSPEK KARIR

  • Jurnalis
  • Penyiar
  • Reporter
  • Copy writer
  • Media planner
  • Public realtions
  • Promotor
  • Presenter
  • Host
  • Event Organizer
  • Desainer iklan
  • Media researcher
  • Staf pengajar

PROSPEK PROGRAM STUDI

Ilmu Komunikasi berperan penting mengiringi perkembangan globalisasi dalam mencetak SDM yang berkompeten bagi industri komunikasi. Lebih lanjut penguasaan Ilmu Komunikasi juga mendorong pengembangan teknologi dan strategi yang bertujuan memenangkan persaingan. Dalam kaitan itulah Program Studi Ilmu Komunikasi Unas akan membekali para mahasiswa dengan kompetensi yang dapat diandalkan agar siap bersaing di era globalisasi.

Alumni Program Studi Ilmu Komunikasi Unas siap menyongsong prospek masa depan yang cerah se iring dengan berkembangnya indutri komunikasi dalam berbagai bidang usaha. Hal ini tidak terlepas dari meningkatnya kesadaran publik akan pentingnya penerapan strategi komunikasi yang efektif agar mampu memenangkan persaingan . Karenanya, kebutuhan akan Sarjana Komunikasi pada hampir semua organisasi juga semakin meningkat.

Program Studi Ilmu Komunikasi Unas membekali para mahasiswa dalam teori-teori komunikasi, komunikasi antar pribadi dan kelompok, komunikasi organisasi, komunikasi politik, sosiologi komunikasi, hukum dan media masa, komunikasi bisnis, komunikasi lintas budaya, serta metode penelitian komunikasi.

KONSENTRASI

Jurnalistik

Membekali kemapuan jurnalistik, reportase, manajemen penyiaran, teknik mencaridan mengolah berita, manajemen media cetak, analisis perilaku konsumen, produksi siaran radio dan tv, fotografi serta praktek jurnalistik.

Periklanan

Membekali kemampuan manajemen periklanan, komunikasi grafis, komunikasi bisnis dan pemasaran, analisis perilaku konsume, fotografi, produksi media cetak serta praktek periklanan.

Hubungan Masyarakat

Membekali kemampuan manajemen periklanan manajemen penyiaran dan penyiaran, fotografi, media humas, keprotokolan dan MC, pemasaran jasa humas, komunikasi grafis dan praktek humas

FASILITAS

  • Ruang kuliah reguler ber-AC
  • Perpustakaan
  • Internet Access
  • Laboratorium Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Laboratorium TV
  • Laboratorium Radio
  • Sistem Informasi Manajemen Online yang dapat memudahkan mahasiswa dalam proses registrasi akademik dan administrasi melalui internet. Fasilitas ini berfungsi; pendaftaran mahasiswa baru, pengecekan jadwal kuliah, pengisian kartu rencana studi (KRS), pembayaran biaya kuliah via transfer bank, pengecekan jadwal, nilai indeks prestasi semester dan kumulatif serta akses informasi seputar kampus melalui situs www.unas.ac.id

 

12 thoughts on “Program Studi Ilmu Komunikasi

  1. Yth. Bapak/Ibu,

    Apakah FISIP UNAS (prodi Ilmu Komunikasi) dapat menerima calon mahasiswa pindahan dari FIKOM UNPAD (prodi Manajemen Komunikasi) untuk masuk Semester 7 dan 8 ? Kebetulan yang bersangkutan telah menyelesaikan Semester 7.

    Andai memungkinkan, bagaimanakah prosedurnya dan ketentuan administrasinya ? Apakah ada link internet dimana informasi terebut dapat ditemukan ?

    Terima kasih atas bantuannya.

    1. Dear Novia,

      Mulai semester ini sudah dibuka kelas eksekutif/karyawan. Silahkan kontak bagian Kesekretariatan FISIP UNAS

  2. Yth. Bapak/Ibu,

    Apakah FISIP UNAS (prodi Ilmu Komunikasi) masih menerima lowongan sebagai dosen?
    Bagaimanakah persyaratan prosedurnya dan ketentuan administrasinya ?

    Terima kasih sebelumnya

    1. Dear luciana,

      Untuk hal seperti itu kita punya program pindahan, sebaiknya saudara ke bagian PPMB UNAS untuk keterangan lebih jelas

      Terima kasih

  3. apakah di prodi ilmu komunikasi bisa menerima mahasiswa lulusan D3 bahasa inggris?
    saya lulusan D3 bahasa inggris politeknik

  4. Apakah untuk tahun ajaran baru tahun 2016-2017 nanti ada kelas karyawan untuk prodi Ilmu Komunikasi ?
    lalu rincian penjelasannya seperti apa ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *