You are currently viewing ORIENTASI KELUARGA KOMUNIKASI (OKK) 2022

ORIENTASI KELUARGA KOMUNIKASI (OKK) 2022

Pada hari Kamis, 8 Desember 2022 telah dilaksanakannya kegiatan Orientasi Keluarga Komunikasi atau yang lebih dikenal dengan sebutan OKK. OKK tahun ini mengangkat tema “Membangun jiwa berbudaya yang aktif dalam diri mahasiswa komunikasi.” Kegiatan ini adalah bentuk acara turunan di mana guna menyambut dan memberi beragam informasi serta arahan mengenai dunia perkuliahan khususnya pada jurusan Ilmu Komunikasi. Kegiatan OKK ini diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM). Acara OKK ini dibuka dengan pemukulan gong oleh wakil dekan 2 bidang kemahasiswaan Dr. Aos Yuli Firdaus. S.I.P M.Si.,

Gambar 1.1 (pemukulan gong untuk pembukaan acara OKK oleh Pak Aos)

Orientasi Keluarga Komunikasi atau OKK merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pada setiap tahunnya. Kegiatan OKK ini bertujuan untuk menyambut mahasiswa baru serta meningkatkan silaturahmi antar mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nasional. Kegiatan OKK tahun 2022 ini diadakan dalam 2 sesi yaitu Sesi Offline yang bertepatan di Cyber Auditorium Unas dengan 400 peserta, dan Sesi Online menggunakan zoom meeting dengan 200 peserta. Kegiatan OKK secara offline dimulai dengan diadakannya parade yang menghadirkan mahasiswa barunya dengan berjalan menuju gedung Cyber untuk mengikuti acara.

Gambar 1.2 (Parade Mahasiswa Baru)

Dalam kegiatan ini diisi dengan rangakain acara yang menarik selain dihadiri oleh dosen Ilmu Komunikasi Universitas Nasional, adapula hadirnya para alumni Ilmu Komunikasi yang menjadi pemateri guna memberikan pengetahuan lebih dan membagi pengalaman mereka sesuai dengan bidang yang mereka tekuni di masa perkuliahan dahulu.

Gambar 1.3 (Pembawaan Materi oleh Yudha Pradhana, S.Ikom., M.Si. .

Selaku Dosen Public Relation)

 

Gambar 1.4 (Pembawaan Materi oleh Tasya Indah S.J, S.Ikom, M.M, CFP.

Selaku Trainer & Financial Consultant Prudential Syariah)

 

Gambar 1.5 (Pembawaan Materi oleh Vivitri Endah Andriani M.I.Kom. .

Selaku Dosen Advertising)

 

Gambar 1.6 (Pembawaan Materi oleh Drs. Selamat Ginting, M.Ikom. Selaku Dosen Jurnalistik,

Sekaligus Sharing Pengalaman Bersama Rini Apriliani, Selaku alumni dan juga Beautynesia.id Editor)

 

Gambar 1.7 (Foto Bersama Dengan Dosen, Pemateri, Alumni, dan Ketua Umum Himakom)

Tidak hanya itu di dalam acara ini juga mengundang beberapa guest star untuk memeriahkan acara yang mahasiswanya berasal dari program studi Ilmu Komunikasi, antara lain Tari Tradisional Srikandi Maheswati, Band Desfarmarsy, dan penampilan dari mahasiswa Sastra Indonesia yaitu Musikalisasi Puisi.

Gambar 1.8 (Penampilan Tarian Tradisional oleh Srikandi Maheswati)

 

Gambar 1.9 (Penampilan dari Band Defarmarsy)

Gambar 1.10 (Penampilan Musikalisasi Puisi oleh Mahasiswa Sastra Indonesia)

Manfaat yang bisa diambil dari kegiatan OKK kali ini ialah sebagai wadah mahasiswa baru dalam pengenalan antar sesama mahasiswa baru, mengetahui lebih dalam mengenai konsentrasi yang terdapat di dalam program studi ilmu komunikasi, dan juga memberikan gambaran lebih mengenai ketiga konsentrasi yang terdapat dalam ilmu komunikasi, agar ke depannya mahasiswa baru diharapkan dapat bisa mempunyai sedikit gambaran terkait ketiga konsentrasi yang terdapat di program studi ilmu komunikasi dan dapat mulai memikirkan dan memilih konsentrasi yang akan mereka ambil di semester 2 nanti.

Dalam sambutannya, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip Unas Drs. Adi Prakoso, M. Si., mengungkapkan banyak manfaat yang dapat diambil dari mengikuti rangkaian dari kegiatan Organisasi Keluarga Komunikasi (OKK).

“Tujuan utama HIMAKOM membuat acara OKK ini ialah untuk memperkenalkan struktural yang ada di dalam Program Studi Ilmu Komunikasi dan konsentrasi yang terdapat di dalam Program Studi Ilmu Komunikasi, dan maka dari itu dihadirkannya dosen-dosen terpilih dan beberapa alumni dari Program Studi Ilmu Komunikasi yang diharapkan dapat memberikan pencerahan kepada mahasiswa baru supaya tidak salah arah mengambil konsentrasi yang sesuai dengan potensi pada dirinya,” Ucap Adi

Panitia sangat berupaya untuk tetap menjaga dan memastikan semua peserta tertib dan tidak ada yang tertinggal, maupun yang sakit. Banyaknya peserta dalam kegiatan ini tentu saja membuat keadaan terkadang menjadi tidak kondusif, namun dengan kegesitan panitia dan bagaimana peserta menerima baik arahan yang diberikan panitia, membuat keadaan perlahan-lahan mulai kondusif dan peserta mulai fokus dengan apa yang ditampilkan di atas panggung.

Kegiatan OKK kali ini berjalan lancar dan ditutup dengan perayaan ulang tahun Himakom yang jatuh pada tanggal 04 Desember 2004, atau bisa dikatakan tahun ini Himakom genap berusia 18 tahun. Semoga di umur Himakom ini, Himakom dapat melaksanakan semua program kerjanya dengan baik tanpa adanya hambatan dan diharapkan dapat lebih mengispirasi seluruh mahasiswa ilmu komunikasi, Universitas Nasional.

Gambar 1.11 Pemotongan Tumpeng dan Foto Bersama Pemateri serta Dosen Ilmu

Komunikasi