You are currently viewing YUDISIUM FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK  UNIVERSITAS NASIONAL  SEMESTER GANJIL 2020/2021

YUDISIUM FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS NASIONAL SEMESTER GANJIL 2020/2021

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional telah melaksanakan Yudisium Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021. Pelaksanaan yudisium pada masa pandemi covid-19 dilaksanakan dengan disiplin pada protokol kesehatan (protkes) di Universitas Nasional. Selain itu, rangkaian acara Yudisium juga dilaksanakan secara online dengan menggunakan aplikasi zoom. Seluruh Mahasiswa/i, tamu undangan, termasuk penyelenggara kegiatan yudisium yang datang langsung ke lokasi acara harus sudah melaksanakan tes covid-19 dan memperoleh surat keterangan dari tenaga medis bahwa telah dinyatakan tidak positif covid-19. Selain itu, dalam berlangsungnya kegiatan yudisium di lokasi seluruh peserta diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Yudisium pada Semester Ganjil 2020/2021 mengusung tema “Membangun Generasi Tangguh dalam Menghadapi Tantangan New Normal Era Society 5.0”. Tema tersebut dipilih dengan harapan para alumni Mahasiswa/i Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional menjadi generasi yang mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman yang ada dan dapat memiliki kemampuan untuk berinovasi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di perkuliahan, serta mengharumkan nama baik almamater Universitas Nasional.

Agenda yudisium dibagi menjadi dua sesi dan dilaksanakan secara bergilir. Pada sesi pertama diperuntukkan bagi Mahasiswa/i dari Program Studi Ilmu Politik, Administrasi Publik, dan Hubungan Internasional. Sesi kedua diperuntukkan bagi Mahasiswa/i dari Program Studi Sosiologi dan Ilmu Komunikasi. Setiap sesi akan berlangsung selama empat jam dan disiplin waktu dengan ketat. Hal tersebut dilakukan untuk pembatasan jumlah peserta yudisium dalam ruang aula tertutup sekaligus mentaati protokol kesehatan di lingkungan Universitas Nasional.

Sebagai rangkaian kegiatan akademik di Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh Program Studi dan Fakultas, yudisium diselenggarakan dan diperuntukkan bagi Mahasiswa/i yang telah menyelesaikan studinya baik dari segi akademik maupun administrasi. Dalam rangkaian kegiatan yudisim, pertama sambutan Ketua Pelaksana Yudisium FISIP yaitu Bapak Rahmat Sufajar, S.IP., M.Si., dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional yaitu Dr.Zulkarnain, S.I.P., M.Si, kemudian pembacaan SK Kelulusan Mahasiswa masing-masing Program Studi yang dibacakan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Dr.Ahmad Muksin, M.Si, pembacaan lulusan Mahasiswa/i terbaik tingkat Fakultas oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Bapak Aos Yuli Firdaus, S.I.P., M.Si, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan yang mendukung termasuk mengundang perwakilan dari alumni masing-masing Program Studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional.

Nama-nama Mahasiswa Lulusan Terbaik dengan IPK tertinggi di masing-masing Program Studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yaitu dari Prodi Ilmu Komunikasi atas nama Rolliand Hendrik Pakel dengan IPK 3.96, lulusan terbaik dari Prodi Administrasi Publik atas nama Tutun Triyeni dengan IPK 3.91, lulusan terbaik dari Prodi Sosiologi yaitu atas nama Devira Nur Malita Sari dengan IPK 3.88, lulusan terbaik dari Prodi Ilmu Politik yaitu atas nama Irma Khairani dengan IPK 3.82, dan lulusan terbaik dari Prodi Hubungan Internasional atas nama Laras Deaziska dengan IPK 3.67.

Pada rangkaian acara yudisium Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional terdapat  kegiatan Talk Show narasumber dari alumni Program Studi Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, Administrasi Publik, Sosiologi, dan Hubungan Internasional. Materi yang disampaikan oleh para narasumber sesuai dengan tema yudisium Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Semester Ganjil 2020/2021 yaitu “Membangun Generasi Tangguh dalam Menghadapi Tantangan New Normal Era Society 5.0”. Alumni yang diundang dari Prodi Administrasi Publik atas nama Desnia Windri, S.A.P., bekerja di Arsiparis Ahli Pertama Bagian SDM Roum Settama Lembahannas RI. Alumni dari Prodi Hubungan Internasional atas nama Wiwik Ermawati,S.IP., sebagai Journalist & Social Media Specialist. Alumni Prodi Ilmu Komunikasi atas nama Ariandi Putra, S.I.Kom., yang saat ini bekerja sebagai Tenaga Ahli DPR RI. Alumni Prodi Sosiologi atas nama Tubagus Adha Saputra, S.Sos., sebagai anggota DPRD Tangerang Selatan. Alumni Prodi Ilmu Politik atas nama Maria Yuliana Benyamin, S.IP., bekerja sebagai Journalist.   

Pada kesempatan tersebut para narasumber juga diminta untuk menyampaikan pengalaman para alumni setelah lulus dari Universitas Nasional dan telah masuk dunia kerja. Beberapa hal penting yang menjadi perhatian utama pada materi yang disampaikan para narasumber, yaitu: Pertama, pentingnya mempersiapkan diri dengan memanfaatkan bekal ilmu pengetahuan yang telah didapat di Universitas Nasional untuk menghadapai tantangan New Normal Society 5.0 bagi para calon alumni. Kedua, memahami karakteristik dinamika perkembangan zaman menuju New Normal Society 5.0, mampu beradaptasi, dan bijak dalam menyikapi perubahan. Ketiga, melihat peluang-peluang di dunia kerja dengan prinsip mengedepankan kemandirian individu maupun kelompok, meningkatkan inovasi dan kreativitas, membuka peluang kerja baru, serta pemberdayaan masyarakat yang unggul dan  berkelanjutan. (ICH)_