Prodi Sosiologi FISIP UNAS Gandeng Yayasan Inspirasi Anak Negeri untuk Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Tajur Halang Kabupaten Bogor

Prodi Sosiologi FISIP UNAS Gandeng Yayasan Inspirasi Anak Negeri untuk Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Tajur Halang Kabupaten Bogor

Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat menjadi salah satu poin penting dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pada kesempatan dan dukungan yang diberikan oleh Universitas Nasional, pada tanggal 14 Maret 2021 Program Studi Sosiologi melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Tajur Halang Kabupaten Bogor. Pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan menjaga ketat protokol kesehatan dari Pemerintah. Semua tim pelaksana maupun para peserta dari kelompok masyarakat diwajibkan untuk menggunakan masker, menyediakan sanitizer, dan tetap menjaga jarak.

Pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat diikuti oleh Dosen dan Mahasiswa/i Prodi Sosiologi. Dosen Pembimbing kesatu yaitu Bapak Kamaruddin Salim, S.Sos., M.Si dan Dosen Pembimbing kedua yaitu Ibu Ichmi Yani Arinda Rohmah, S.Pd., M.Sosio. Sedangkan nama Mahasiswa/i yang terlibat adalah Clarissa Ramawardika, Yunita Sulis Setiawati, Herdina Syaki, Jaenudin, dan Ochi Alfionita.

Selain itu, Prodi Sosiologi juga menggandeng Yayasan Inspirasi Anak Negeri yang diketuai oleh Bapak Darmawan Haryanto, SH. untuk mensuksesnya kegiatan tersebut. Tema penelitian dan pengabdian kepada masyarakat kali ini yaitu “Pemberdayaan Masyarakat Tajur Halang Kabupaten Bogor dalam Pengolahan Limbah  Minyak Rumah Tangga Bernilai Fungsi Sosial dan Ekonomis”.

Konsep dari penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini mencakup tiga aspek yang dikembangkan, yaitu peningkatan sumber daya masyarakat, pengelolaan limbah rumah tangga supaya memiliki nilai fungsi sosial, dan memiliki nilai fungsi ekonomis. Dari ketiga aspek tersebut tim peneliti dan pengabdian mengimplementasikannya pada program “Sociology Universitas Nasional Go Green”.

Pada awal kegiatan tim peneliti dan pengabdian melakukan pemetakan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat di lokasi. Kemudian merancang kegiatan bersama yang bisa diterima oleh masyarakat dan memungkinkan untuk diimplementasikan. Kegiatan yang dirancang meliputi: pembentukkan kelompok bina masyarakat, sosialisasi pengolahan limbah minyak rumah tangga yang dapat diproduksi menjadi barang bernilai ekonomis, praktik pengolahan limbah minyak rumah tangga, dan praktik pemasaran hasil olahan limbah minyak rumah tangga. Keseluruhan kegiatan tersebut didukung penuh oleh tim dari Prodi Sosiologi FISIP UNAS, Yayasan Inspirasi Anak Negeri, dan Masyarakat Tajur Halang Kabupaten Bogor.

Sebelum diselenggarakannya praktik pengolahan limbah minyak rumah tangga, tim peneliti dan pengabdian membagikan secara gratis Jerigen 5 Liter dan Corong Jerigen kepada Bapak dan Ibu rumah tangga di kompleks perumahan Tajur Halang Kabupaten Bogor. Disamping itu, tim juga memberikan sosialisasi secara langsung tentang program pengolahan limbah minyak rumah tangga ini. Limbah minyak rumah tangga ini rencananya bisa menjadi barang yang dapat disedekahkan untuk pendidikan anak-anak Yatim Dhuafa, menjadi uang kas kelompok masyarakat setempat, menjadi tabungan masing-masing Bapak/Ibu rumah tangga, dan dapat ditukarkan menjadi minyak 2 liter untuk per jerigennya. Program pengabdian kepada masyarakat Tajur Halang Kab.Bogor ini nantinya akan dibantu juga oleh Tim dari Yayasan Inspirasi Anak Negeri dalam pengelolaan limbah rumah tangga melalui aplikasi digital yang telah dikembangkan, yaitu Aplikasi Inspirasi Solusi Indonesia.

Secara sosiologis, kegiatan ini menjadi sebuah gerakan sosial baru (new social movement) dalam pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan. Kegiatan penelitian dan pengabdian ini sangat diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat dan dapat berlangsung secara continue.